PEMBUATAN EDUCATIONAL COMIC DENGAN APLIKASI COMIC LIFE 3

PEMBUATAN EDUCATIONAL COMIC DENGAN APLIKASI COMIC LIFE 3


Pengembangan media pembelajaran mutlak dilakukan oleh guru, mengingat, siswa jaman now merupakan siswa yang melek terhadap perkembangan teknologi informasi. Mereka belajar tidak hanya di kelas tetapi juga melalui teknologi yang berkembang sekarang. 

Guru sebagai pembimbing mereka tentu juga harus memiliki kemampuan mengembangkan media pembelajaran, agar kegiatan pembelajaran yang mereka lakukan di kelas tidak monoton. Salah satu media pembelajaran yang dapat dikembangkan guru adalah dengan membuat Educational Comic, yaitu Komik yang memiliki konten pendidikan di dalamnya.

Untuk membuat Edu Comic ini sangatlah mudah. Guru tidak harus bisa menggambar. Dalam hal ini, para guru dapat memanfaatkan aplikasi, salah satunya adalah Comic Life 3. Aplikasi ini dapat diinstal di PC/laptop maupun iPad dan iPhone, sedangkan untuk android, belum tersedia.

Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar namun pengguna dapat memanfaatkan trial series yang berlaku untuk 30 hari pemakaian. Setelah 30 hari, pengguna dapat menghapus (uninstall) program dan dapat diinstal kembali jika memerlukannya. Adapun link untuk mengunduh aplikasi Comic Life 3 adalah : http://plasq.com/

Berikut ini tampilan awal pada aplikasi Edu Comic :

Tampilan Awal Aplikasi Comic Life 3

Ada beberapa tool yang dapat digunakan untuk membuat Edu Comic pada aplikasi Comic Life 3. Pengguna dapat memilih beragam jenis panel dan menyematkan beberapa gambar atau foto untuk dibuat komik. Dalam aplikasi ini juga tersedia beberapa jenis callout yang dapat digunakan sesuai kebutuhan pengguna.

Untuk membuat efek gambar menjadi lebih bervariasi, pengguna juga dapat memilih dan mengaturnya dengan memanfaatkan tool style dengan terlebih dahulu menseleksi gambar atau foto yang akan kita beri efek.

Hal yang terpenting dari pembuatan Edu Comic adalah adanya storyline dan asset gambar yang akan kita pergunakan. 

Berikut ini contoh Storyline dan Edu Comic sederhana yang telah saya buat semoga dapat dijadikan sebagai bahan literatur bagi para pengguna :

Previous
Next Post »