Membuat Video Animasi Pembelajaran Menggunakan Powerpoint

Powerpoint menjadi salah satu aplikasi yang umumnya digunakan untuk keperluan presentasi. Meski demikian, sebenarnya Powerpoint dapat dimanfaatkan untuk membuat video animasi. Video ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, seperti promosi produk, profil lembaga/instansi/perusahaan maupun video pembelajaran.

Untuk membuat video pembelajaran dengan powerpoint sebetulnya mudah saja, yang diperlukan adalah adanya asset audio maupun visual yang dapat mendukung konten video yang akan kita buat. Pembuatan video pembelajaran juga memerlukan ketelatenan untuk mengatur layout dan animasi masing-masing objek.

Pembuatan video dengan Powerpoint dapat dilakukan minimal pada aplikasi Powerpoint 2010. Pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan secara singkat bagaimana cara membuat video dengan menggunakan powerpoint 2019.

Adapun cata membuat video animasi pembelajaran dengan powerpoint adalah sebagai berikut :
1. Buka slide kosong (blank presentation) pada powerpoint
2. Atur Master Slide untuk memudahkan kita dalam membuat halaman yang sejenis, dengan cara :

    a. Pilih View >> Slide Master. Pastikan pilih halaman kedua pada slide master



    b. Pilih Insert >> Picture >> Pilih file yang diinginkan


   c. Tutup Slide Master dengan memilih menu "Close Master View"

3. Buka kembali Blank Presentation untuk memulai membuat video pembelajaran
4. Sematkan objek gambar dari drive yang telah disiapkan
5. Atur animasi masing-masing objek
6. Buatlah beberapa slide
7. Atur juga animasi slide pada menu Transations
8. Agar tampilan slide nantinya dapat berjalan tanpa diklik, maka pengaturan "Transation" diubah dengan mencentang "After" pada menu "Advance Slide"

9. Lakukan review tampilan draf video
10. Untuk mengubah file Powerpoint menjadi video maka dapat dilakukan dengan menyimpan langsung dengan cara Save As >> MPEG-4 Video atau Vindows Media Video >> Save 



atau dengan cara File >> Export >> Create Video



Demikian cara pembuatan video dengan powerpoint. Mudah bukan? Yang terpenting bagi kita, siapkan dulu asset audio maupun visual untuk video yang akan kita buat. Tentunya hal ini memerlukan persiapan yang cukup agar video yang kita buat nantinya akan lebih menarik. 

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba.... 
Previous
Next Post »