Menyimpan File PowerPoint menjadi Autorun

PowerPoint menjadi salah satu program aplikasi yang dapat dikembangkan menjadi media pembelajaran bagi para guru, baik di jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi. Pengembangan program aplikasi PowerPoint telah banyak dilakukan, mengingat aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan Microsoft yang sudah familiar bagi banyak orang, terlebih para guru.

Dalam PowerPoint, kita bisa menyematkan file berupa audio, video maupun gambar, namun penyematan file tersebut akan berdampak pada file powerpoint itu sendiri sehingga menjadi lebih berat jika akan dibuka. Jika kita menyimpannya dalam format PowerPoint, maka file yang kita sematkan tersebut juga harus selalu disertakan dalam satu folder karena jika terpisah, maka yang terjadi, file tersebut tidak dapat dimainkan pada Powerpoint.

Untuk menyimpan agar file tersebut tidak harus disertakan satu folder dengan PowerPoint yang kita buat, maka kita harus mengubah file Powerpoint tersebut dapat dijalankan pada semua jenis PowerPoint, caranya adalah :
1. Simpan file PowerPoint menjadi PowerPoint Macro-Enable Show



2. Selanjutnya, Klik File, pilih Eksport >> Package Presentation for CD >> Package For CD


3. Lalu beri nama folder yang akan dibuat dan pilih drive penyimpanannya dengan meng-klik Browse


4. Pilih "Yes" untuk membuat file PPT dengan format autorun



Demikian cara mudah mengubah file PPT menjadi autorun sehingga kita tidak harus menyertakan file lainnya dalam satu folder. Semoga bermanfaat.






Previous
Next Post »