ABSTRAK KARYA ILMIAH




ABSTRAK

Hidayah, Umul. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Teknik Mendongeng Menggunakan “Water Kawan”

Rumusan masalah dalam karya tulis ini adalah: 1) Bagaimana deskripsi kebutuhan media wayang kertas berkarakter punakawan dalam mendongeng untuk menanamkan nilai-nilai karakter anak usia dini ? 2) Bagaimana penggunaan media wayang kertas berkarakter punakawan dalam mendongeng untuk menanamkan nilai-nilai karakter anak usia dini ? Tujuan penulisan karya tulis ini adalah: 1) Mendeskripsikan kebutuhan media wayang kertas berkarakter punakawan dalam mendongeng untuk menanamkan nilai-nilai karakter anak usia dini, 2) Mendeskripsikan penggunaan media wayang kertas berkarakter punakawan dalam mendongeng untuk menanamkan nilai-nilai karakter anak usia dini.
Ada beberapa alasan penggunaan “Water Kawan” dalam kegiatan mendongeng untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini, yaitu: 1) Cerita atau dongeng yang akan disampaikan dengan menggunakan “Water Kawan” dapat dikembangkan sendiri oleh guru dan bersifat fleksibel serta tergantung nilai-nilai karakter yang akan ditanamkan, 2) “Water Kawan” dapat memberikan pengetahuan bagi anak tentang karakter tokoh pewayangan khususnya punakawan, 3) “Water Kawan” sangat praktis dan ekonomis karena dapat dibuat sendiri oleh guru maupun anak didik dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh, 4) Anak didik dapat memainkan sendiri “Water Kawan” karena cara memainkannya sangat mudah, 5) “Water Kawan” menjadi salah satu upaya dalam mengenalkan budaya tradisional sehingga akan lestari dari generasi ke generasi, 6) Fleksibilitas penggunaan bahasa dalam mendongeng akan mempermudah anak dalam memahami isi cerita yang disampaikan, 7) Bentuk dan warna “Water Kawan” sangat menarik perhatian anak sehingga saat digunakan, anak akan lebih betah dan tidak mudah bosan dalam menyimak dongeng, terlebih lagi jika guru juga memberikan selingan yang dapat membangkitkan semangat anak dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan nilai-nilai karakter melalui aktivitas mendongeng dilakukan melalui tahap perencanaan, implementasi dan evaluasi.
Guru hendaknya dapat menonjolkan nilai-nilai karakter pada setiap program kegiatan yang diselenggarakan, baik pada saat pembelajaran di kelas maupun di luar kelas sehingga hal ini akan menjadi kebiasaan yang pada akhirnya akan melekat pada diri anak. Penanaman nilai-nilai karakter memerlukan kerjasama antara orang tua dengan guru.


Kata kunci: nilai-nilai karakter, teknik mendongeng, “Water Kawan”
Previous
Next Post »