Media Pembelajaran


MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Media pembelajaran merupakan komponen penting dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Media sebagai alat bantu bagi guru dapat menyajikan materi pembelajaran agar lebih konkret sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi telah banyak dilakukan para guru, baik di tingkat PAUD hingga SLTA. Dalam tulisan ini akan dikupas mengenai pengertian media, multimedia, teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran yang dikutip dari buku Teknologi Pembelajaran ; Landasan dan Aplikasinya yang ditulis oleh Bambang Warsita dan literatur/buku pendukung lainnya.
1. Pengertian Media
Secara etimologis, kata “media” adalah bentuk jamak dari medium, yang dalam bahasa latin berarti alat, sarana, dan perantara (Djamarah dan Zain, 2006 : 120). Media adalah sarana yang digunakan untuk menampilkan pelajaran dan dalam pengertian yang lebih luas disebut media pendidikan, dengan pengertian bahwa pendidikan bukan hanya mencakup pengajaran saja tetapi juga pendidikan dalam arti yang lebih luas.
Menurut Sanaky (2010 : 1) media pembelajaran adalah sarana pendidikan yang dapat digunakan sebagai perantara dalam proses pembelajaran untuk mempertinggi efektifitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pengajaran. Dari pendapat para ahli tersebut dapat dikatakan bahwa media adalah sarana atau alat-alat fisik apa saja yang mampu digunakan untuk menampilkan pelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran. 

2. Pengertian Multimedia
Multimedia atau teknologi terpadu merupakan cara untuk memproduksi dan menyampaikan bahan belajar dengan memadukan beberapa jenis media yang dikendalikan komputer. Dengan kata lain, komputer multimedia adalah sebuah komputer yang dilengkapi perangkat keras dan lunak sehingga memungkinkan data berupa teks, gambar, animasi, suara dan video dapat dikelola. Multimedia menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari teks, grafis, foto, video, animasi, musik, narasi dan interaktivitas yang diprogramkan berdasarkan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran.

3. Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kata "teknologi" berasal dari istilah teckne yang berarti sebagai seni (art) atau keterampilan (skill). Kata teknologi banyak dipahami oleh awam sebagai mesin atau hal-hal yang berkaitan dengan mesin.
Pada hakikatnya, teknologi merupakan penerapan ilmu atau pengetahuan lain yang terorganisir ke dalam tugas-tugas praktis. Teknologi sebagai kumpulan pengetahuan dapat dipahami sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.
Teknologi informasi adalah sarana dan prasarana (hardware, software, userware) sistem dan metode untuk memperoleh, mengirimkan, mengolah, menafsirkan menyimpan, mengorganisasikan dan menggunakan data secara bermakna. Oleh karena itu, teknologi informasi menyediakan begitu banyak kemudahan dalam mengelola informasi dalam arti menyimpan, mengambil kembali dan pemutahiran informasi.
Teknologi komunikasi adalah sarana dan prasarana struktur kelembagaan dan nilai-nilai sosial yang dikumpulkan, disimpan, diolah dan dipertukarkan informasi sehingga memungkinkan untuk terjadinya persamaan persepsi dan atau tindakan.

Dengan demikian, program pembelajaran berbasis multimedia memanfaatkan komputer yang terdiri dari gabungan hampir seluruh media, yaitu teks, gambar, foto, audio maupun animasi. Seluruh media tersebut secara konvergen akan saling mendukung dan melebur menjadi satu media yang luar biasa kemampuannya. Keunggulannya adalah mampu memfasilitasi interaktivitas siswa dengan sumber belajar yang ada pada komputer.

Previous
Next Post »